Perluas Wewenang Polisi PKT, Hasut Polisi Berbuat Jahat?


Video Channel:


Kementerian Keamanan Publik PKT baru-baru ini mengeluarkan draft jajak pendapat tentang "Prosedur Pemeliharaan Kewenangan Penegakan Hukum Polisi-Sipil", menekankan bahwa polisi dalam proses penegakan hukum apabila mendatangkan kerugian bagi orang lain tidak dapat diberikan hukuman oleh Badan Keamanan Publik PKT yang dikarenakan opini publik dan lain-lain. Dunia luar berpendapat bahwa PKT sedang menghasut polisi berbuat kejahatan dan memperuncing konflik sosial. 

Rancangan draft jajak pendapat yang dikeluarkan oleh Kementerian Keamanan Publik pada tanggal 9 September, utamanya adalah regulasi memperkuat perlindungan terhadap polisi level dasar saat menegakkan hukum. 

Regulasi mengatakan bahwa polisi “melakukan tugas mereka sesuai dengan kondisi dan prosedur hukum, menjalankan otoritas mereka, jika menyebabkan kerugian pada hak dan kepentingan sah warga negara, badan hukum atau organisasi lain, individu polisi tidak akan memikul tanggung jawab hukum.” “Polisi tidak boleh diskors, dikurung, diberhentikan, diturunkan jabatan dan mengundurkan diri tanpa prosedur hukum.” 

Peraturan juga mengatakan saat polisi menjalankan tugas dan menemui masalah, termasuk pribadinya dan keluarga dekatnya dituduh, dituntut dengan niatan jahat atau privasi pribadinya dilanggar dll, maka departemen keamanan publik harus “secara aktif melindungi otoritas penegakan hukum”. 

Huang Jinqiu, wartawan investigasi independen dari Daratan berpendapat bahwa aturan baru PKT lebih bersifat melindungi triad, persis sama dengan “Tian An She”, organisasi triad yang dikenal sebagai “cinta negara cinta partai tidak melupakan hati awal”. Mereka terhubung langsung dengan PKT pusat, aktif di tempat pembongkaran pemerintah daerah, memukul, merusak dan merampas di saat demonstrasi anti-Jepang, membantu pemerintah “menjaga stabilitas” di berbagai lokasi, dan setelah terjadi masalah maka media partai PKT akan langsung tampil membersihkan kesalahan mereka. 

[Huang Jinqiu, Wartawan Penyelidikan Independen]:
“Saya rasa hal ini adalah agar petugas polisi melakukan pekerjaan ilegal, pekerjaan kotor dan menindas rakyat untuk dia, maksudnya adalah jika ada masalah, aku akan melindungimu.” 

Namun, Huang Jinqiu mengingatkan para penguasa PKT untuk tidak percaya bahwa kekerasan dapat menyelesaikan semua masalah. Ini akan menyebabkan “kekerasan dicegah dengan kekerasan” sehingga kekerasan merembet. 

[Huang Jinqiu, Wartawan Penyelidikan Independen]:
“Perbuatan demikian hanya akan menyebabkan sifat jahat beberapa polisi menjalar, penegakan hukum yang jahat dan memperburuk kontradiksi sosial, karena jika Anda terlalu melukai warga, warga juga akan melawan. Jangan selalu berpikir bahwa kekerasan dapat menyelesaikan semua masalah, kadang-kadang kekerasan juga akan berbalik setelah mencapai titik kulminasi. Harus menekankan penegakan hukum sesuai hukum, penegakan hukum yang beradab. “ 

Para komentator berpendapat bahwa PKT hanya mempertahankan kepentingan partai yang berkuasa. Konsekuensi yang lebih besar dari peraturan ini adalah memperburuk konflik antara polisi dan warga sipil dan kontradiksi sosial.

0 comments